Selasa, 01 November 2011

ANEKA BENTUK LAYOUT DAPUR

Ada berbagai macam variasi layout dapur, namun secara garis besar dapat dibedakan menjadi :

  • Layout Single Line
Layout ini adalah bentuk yang paling sederhana, dimana posisi Sink, Stove (Kompor) dan kulkas berada pada satu garis, dapur berbentuk lorong atau koridor dengan luasan minim hanya memiliki satu dinding.

  • Layout Double Line
Bentuk layout ini diaplikasikan apabila dapur merupakan area penghubung 2 ruang, dimana posisi sink & stove (kompor) biasanya berada berseberangan, namun biasanya diaplikasikan hanya sebagai Dry Kitchen (Dapur Kering).
  • Layout U
Bentuk layout U diaplikasikan pada ruang dengan bentuk bujur sangkar dan luasan yang luas, layout ini memposisikan sink berseberangan dengan area masak dan bersebelahan dengan kulkas, alur kerja yang dihasilkan pun kompak dan efisien.
  • Layout L
Bentuk layout L cocok digunakan pada ruangan dengan dapur dan ruang makan menyatu karena bentuknya tebuka pada satu sisi, sink berseberangan dengan area memasak dan kulkas.
  • Layout Campuran
Bentuk ini rata rata diaplikasikan pada dapur apartment atau rumah mungil dengan luasan terbatas yang bertujuan untuk efesiensi ruang dengan menggabungkan 2 fungsi dalam 1 tempat, dimana disertakan meja makan atau semacam minibar.


sumber : disarikan dari berbagai sumber dan pengalaman penulis


Heru Prasetiyo - Arsitek angk'97, sejak lulus 2001 hingga oktober 2011 menjadi Pemborong Rumah, Engineer dan Manager Lapangan pada beberapa Kontraktor dan Developer ternama dan menangani project Highrise Building seperti Ritz Carlton Hotel & Airlangga Apartment, Pakubuwono Residence, Menara Satrio Office Building, Pasific Place Hotel & Apartment, Hotel Indonesia Kempinski, & Show Unit Apartment Sherwood, kini bersama Tim bekerja sebagai Konsultan Desain & Engineering, Building, Home & Interior Contractor, Property & Land Development.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar