Minggu, 10 Juni 2012

TIPS MEMBERSIHKAN STAINLESS STEEL

Image by www.ehow.com

Saat ini peralatan rumah tangga berbahan dasar stainless steel sudah banyak sekali digunakan seperti pada microwave, kompor, cooker hood, kran, wajan, kulkas, kaki kursi dan lainnya, hal ini dikarenakan sifatnya yang mampu menahan korosi/ karat, mengkilap dan mudah untuk dibersihkan, tetapi ada kalanya untuk stainless steel kualitas rendah masih tetap dapat berkarat.

Jika peralatan stainless steel sering digunakan dan terkena kotoran, debu atau udara lembab terkadang sifat kilap tidak bertahan lama dan dapat menjadi kusam, sehingga akan mengurangi keindahannya, ada banyak produk yang dijual di toko kimia untuk membersihkan dan mengkilapkan kembali peralatan stainless steel dengan harga yang relative mahal, namun ada beberapa cara hemat yang bisa digunakan untuk membersihkan peralatan stainless steel dengan bahan yang mudah dijumpai sehari hari, berikut Tips nya antara lain:



  • Rendam kain lap dengan larutan air cuka, lalu peras kelebihan air lalu gosokkan kepermukaan stainless steel lalu keringkan dengan cara diangin anginkan, cuka berguna untuk membunuh bakteri yang menempel pada peralatan stainless steel.
  • Biasakan setiap kali habis memasak atau memanggang makanan, segera rendam alat dapur berbahan stainless steel dalam air hangat dan berikan beberapa tetes cuka atau air jeruk lemon untuk  membantu menghilangkan noda yang menempel dengan mudah.
  • Untuk peralatan yang sudah berubah menjadi warna cokelat, rendam dalam air mendidih yang ditambah satu sendok teh garam soda atau beberapa tetes cuka selama beberapa menit untuk membantu mengangkat noda tersebut.
  • Saat mencuci peralatan stainless steel, gunakan sabun dan sikat berbulu lembut untuk menghilangkan noda kemudian bilas peralatan dengan air kemudian jemur peralatan masak di bawah sinar matahari atau lap dengan kain bersih.
  • Untuk noda yang membandel bisa juga dicoba dengan cara teteskan baby oil kemudian gunakan lap bersih dan sabut kelapa untuk mengosok noda tersebut hingga hilang.

Semoga Bermanfaat & Selamat Mencoba…!!!

Disarikan dari beberapa sumber,…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar