Selasa, 24 Januari 2012

MEMILIH WARNA CAT UNTUK RUMAH ANDA




Jika anda sudah mulai bosan dengan kondisi rumah anda dan ingin mengganti suasana rumah maka salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengganti warna cat yang sesuai dengan karakter anda dan keluarga, selain bisa menyesuaikan keseluruhan aksen eksterior & interior rumah, warna cat juga memainkan peranan penting dalam memberikan kesan tertentu pada ruangan, memperkuat interior dan menjadi pemersatu keseluruhan ruangan yang ada, berikut adalah penjelasan mengenai karakter dari warna warna yang ada :

1. Merah
Merah adalah warna yang menstimulasi suasana dominant menggambarkan energi penuh, aktif, hangat, bersemangat dan kreatifitas, warna merah baik untuk memberi aksen dan dapat memberi kesan
memperbesar tampilan suatu object, tetapi sebaliknya memperkecil ukuran ruang dan jika terlalu berlebihan dapat memberikan kesan kemarahan dan ambisi, warna ini sebaiknya digunakan di ruang kerja, ruang makan, ruang tidur anak atau dapur.
Pro       : Hangat dan Kaya
Kontra : Kemarahan, Rasa Malu, Kebencian
Elemen: Api

2. Pink
Pink diasosiasikan dengan kepolosan, Kemurnian dan susana Romantis. Warna Pink cocok untuk diaplikasikan pada Ruang Tidur, namun kurang cocok apabila di aplikasikan untuk kamar mandi atau dapur.
Pro       : Kegembiraan, Romantis
Kontra : tidak ada
Elemen: api

3. Ungu
Ungu adalah warna yang Impresif dan Spiritual. Warna Unggu dapat dipakai di Ruang Tidur atau Ruang Meditasi, namun sebaiknya warna ini tidak digunakan di dapur atau kamar mandi.
Pro       : Gairah, energik dan memotivasi.
Kontra : kesedihan, menekan
Elemen: Api


4. Biru
Biru dikaitkan dengan spiritualitas, kedamaian, misteri, kesabaran dan kontemplasi, warna biru Merupakan warna laut dan langit yang mengesankan ketenangan, kesunyian, kedamaian, kenyamanan dan perlindungan dan dapat memberikan kesan lega dan luas, cocok diaplikasikan untuk ruang tidur, ruang terapi dan ruang meditasi namun sebaiknya tidak digunakan untuk ruang makan atau ruang kerja.
Pro       : Kepercayaan, stabilitas
Kontra : Melankolis, kecurigaan
Elemen: Air
5. Hijau
Hijau adalah simbol pertumbuhan, kesuburan dan harmoni, warna hijau merupakan penggambaran alam yang memberikan suasana harmonis, teduh, santai, alami, menyejukkan, menyegarkan dan menenangkan, hijau cocok untuk ruang tidur, kamar mandi, ruang terapi dan conservatory, namun sebaiknya warna hijau tidak dipakai di ruang keluarga, ruang bermain atau ruang belajar.
Pro       : optimisme, kebebasan dan keseimbangan
Kontra : permusuhan, curang
Elemen: kayu

6. Kuning
Kuning mengingatkan dengan sinar matahari yang memberikan energi yang baik dan semangat. Sering disamakan dengan warna emas yang menggambarkan pencerahan, kemakmuran dan kemewahan, warna kuning membantu pencernaan dan menstimulasi pikiran dan cocok diaplikasikan untuk ruang kerja, gang/koridor dan dapur, namun sebaiknya tidak dipakai untuk kamar mandi atau ruang meditasi.
Pro       : optimisme, akal dan ketegasan
Kontra : tricky, kaku, berlebihan
Elemen: berlebihan

7. Oranye
Oranye Memberi kesan ceria, hangat, bahagia, penuh energi dan membangkitkan semangat warna ini adalah warna kegemberiaan dan kuat dalam mendorong komunikasi. Oranye dapat diaplikasikan di ruang tidur, ruang makan dan gang/koridor, namun sebaiknya tidak diaplikasikan pada ruang tidur dan ruangan-ruangan kecil.
Pro       : konsentrasi, intelek
Kontra : pemberontakan
Elemen: Tanah

8. Coklat
Coklat adalah warna yang berhubungan dengan stabilitas dan elegant, warna coklat dapat dipakai untuk ruang belajar, namun sebaiknya tidak dipakai di ruang tidur.
Pro       : keamanan, elegant
Contra : kotor, depresi dan tua.
Elemen: tanah

9. Putih
Putih merupakan warna netral yang cocok diaplikasikan dengan warna apapun, menggunakan warna ini umumnya menggambarkan permulaan baru, kebersihan, kepolosan dan kemurnian, jika diaplikasikan dapat memberikan kesan lebih besar pada ruangan, namun bila berlebihan akan menggambarkan steril dan dingin, cocok digunakan pada ruang tidur atau dapur terlebih jika Anda memiliki dapur modern, warna ini juga cocok untuk menunjukkan kebersihan dapur Anda, namun sebaiknya warna putih ini tidak digunakan di ruang makan dan ruang tidur anak.
Pro       : bersih, segar
Kontra : dingin, tanpa kehidupan, datar
Elemen: logam
.
10. Hitam
Hitam adalah warna yang independent dan misterius yang memberikan suasana penuh perlindungan, gagah, megah, dan elegan. Warna hitam sering dipakai di ruang anak remaja. Warna hitam seharusnya tidak dipakai di ruang tidur anak.
Pro       : intrik, kekuatan menarik
Kontra : kematian, kegelapan:
Elemen: air

11. Abu Abu
Biasa digunakan untuk rumah bergaya minimalis, membuat suasana stabil, luas, menentramkan, namun apabila terlalu banyak menggunakan warna ini akan membuat suasana dingin dan luas secara berlebihan.


Akhir kata apapun pilihan anda keseimbangan adalah prinsip dasar utama dalam penentuan warna agar terbentuk suasana yang harmonis dalam keluarga dan lingkungan sekitar.

disarikan dari Artikel Indonesia dan beberapa sumber lainnya



Heru Prasetiyo - Arsitek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar