Selasa, 13 Desember 2011

TELITI SEBELUM MEMBELI RUMAH IDAMAN




Mencari, membeli dan kemudian menempati rumah adalah suatu proses yang harus dilakukan untuk mendapatkan rumah yang diidamkan, terkadang ketika menemukan rumah sebagi incaran kita tergiur dengan
harganya yang miring & lupa untuk melakukan pengecekan menyeluruh terhadap kondisi rumah yang akan dibeli, untuk itu agar tidak salah dan disesali kemudian hari dalam memilih ada baiknya dilakukan pengecekan sebagai berikut:

1. Ceklah tujuan anda membeli rumah apakah untuk ditempati atau disewakan/ investasi, jika ingin ditempati maka pilihlah lokasi rumah yang paling memudahkan anda sekeluarga untuk beraktifitas, jika ingin disewakan maka pilihlah rumah yang dekat dengan market anda nantinya.

2. Ceklah sejarah rumah apakah termasuk bangunan cagar budaya, bekas pemakaman, bekas TKP, atau hal lainnya yang menimbulkan aura negatif.

3. Ceklah kondisi lingkungan sekitarnya seperti apakah rumah berada di area bebas dari banjir, lalu lintas jalan yang bising, kualitas udara & air tanahnya serta keamanan lingkungan.

4. Ceklah kelengkapan surat surat penting seperti Sertifikat Kepemilikan, IMB, PBB & ahli waris dan yang juga tidak boleh dilupakan adalah cek juga di Dinas Tata Kota di kecamatan/ walikota mengenai rencana tata ruang di daerah tersebut, apakah nantinya lokasi rumah yang kita incar kedepannya terkena rencana pelebaran jalan atau tidak.

5. Ceklah kondisi fisik bangunan rumah existing baik kondisi Exsterior  maupun Interiornya seperti :
  • Kondisi dinding apakah banyak terdapat retakan, lumut, ataupun harus banyak dilakukan pengecatan ulang. ( Hati hati : Jika ada retakan lebih dari 2 cm berarti ada penurunan pondasi bangunan )
  • Kondisi Plafond, Atap Genteng/ Beton apakah banyak bocor, bekas noda air, rayap dll
  • Kondisi Lantai apakah pelapis lantai dalam kondisi kusam, banyak pecah, lepas, dll
  • Kondisi Pintu dan Jendela apakah kusen, daun pintu, engsel & kunci masih dalam kondisi baik & berfungsi atau tidak.
  • Kondisi Sanitasi baik air kotor maupun air bersih apakah masih berfungsi dengan baik, caranya nyalakan semua kran dan test flushing.
  • Kondisi Kelistrikan apakah berfungsi dengan baik seperti kondisi kabel, lampu penerangan, stop kontak &  total daya kwh meter yang dibutuhkan.
  • Kondisi Built in Cabinet seperti kitchen set dan wardrobe apakah masih layak digunakan atau tidak.
  • Kondisi halaman seperti taman, kolam renang, kolam ikan, pagar, canopy, carport & lampu taman apakah semua masih dalam kondisi baik atau tidak.
Dengan dilakukan pengecekan secara benar, sejak dari awal dapat diperhitungkan untuk biaya merenovasinya sehingga hasil perhitungannya bisa digunaan untuk menegosiasikan harga pembelian.
Selamat berburu rumah idaman….///

Tidak ada komentar:

Posting Komentar